A. Seleksi Mandiri Jalur Kemitraan untuk Institusi

Seleksi Mandiri Jalur Kemitraan adalah seleksi mahasiswa baru melalui kerja sama dengan institusi pemerintah, perusahaan, atau lembaga/yayasan, yaitu jaminan pembiayaan pendidikan untuk calon mahasiswa yang diusulkan mitra berdasarkan MoU (memorandum of understanding) dengan UM.

Persyaratan Seleksi

  1. Lulusan SMA/SMK/MA atau yang sederajat (paket C).
  2. Memenuhi persyaratan sesuai program studi yang dituju.
  3. Berasal dari mitra/lembaga penyandang dana pendidikan yang telah memiliki MoU dan Perjanjian Kerjasama dengan UM.

Proses Seleksi

  1. Peserta melakukan pendaftaran sesuai mekanisme yang telah ditentukan.
  2. Setiap peserta dapat memilih 2 (dua) program studi sarjana (S1) dan/atau sarjana terapan (D4) (tidak harus sebidang dengan jurusan di SMA/SMK/MA).

Berkas yang Diunggah

  1. Surat rekomendasi dari mitra/lembaga penyandang dana pendidikan.
  2. Scan ijazah atau Surat Keterangan Lulus.
  3. Pasfoto berwarna terbaru (standar untuk ijazah) dengan wajah menghadap ke depan, ukuran 4 x 6 cm.
  4. Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua/Daftar Gaji.
  5. Kartu Keluarga (KK).
  6. Akta Kelahiran/Akta Kenal Lahir.
  7. Bukti Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Jadwal Seleksi

NOKEGIATANTANGGAL*
1.Pendaftaran dan unggah data/dokumen22 Mei-31 Juli 2023
2.Pelaksanaan SeleksiMenyesuaikan
3.Pengumuman hasil seleksi7 Agustus 2023
4.Pembayaran UKT dan SPSA7-11 Agustus 2023
5.Registrasi Administrasi secara online7-11 Agustus 2023
6.Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB)16-22 Agustus 2023
7.Perkuliahan28 Agustus 2023
Jadwal bersifat fleksibel sesuai dengan lini masa mitra dan memperhatikan daya tampung program studi

B. Seleksi Mandiri Jalur Kemitraan untuk Masyarakat Umum

Program Outbound International Student Mobility

  1. Kerja sama dengan masyarakat umum, yaitu berupa program outbound international student mobility.
  2. Seleksi Jalur Kemitraan ini  mempersyaratkan kesanggupan orangtua/wali calon mahasiswa untuk mendukung pembiayaan program outbound international student mobility sebesar 25.000.000,00 (dua puluh lima juta rupiah).

Persyaratan

  1. Lulusan SMA/MA/SMK atau yang setara.
  2. Memiliki nilai rata-rata rapor per semester 75 (Skala 0-100).
  3. Memiliki komitmen dan kesanggupan dalam mengikuti program outbound international student mobility

Berkas yang DIunggah

  1. Scan ijazah atau Surat Keterangan Lulus.
  2. Pasfoto berwarna terbaru (standar untuk ijazah) dengan wajah menghadap ke depan, ukuran 4 x 6 cm.
  3. Scan nilai rapor semester 1-5.
  4. Scan piagam/sertifikat/surat keterangan prestasi (bagi yang memiliki).
  5. Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua/Daftar Gaji.
  6. Kartu Keluarga (KK).
  7. Akta Kelahiran/Akta Kenal Lahir.
  8. Bukti Pembayaran PBB.
  9. Foto rumah tampak depan, ruang tamu serta dapur.
  10. Surat Pernyataan Kesanggupan Membayar Biaya Pendidikan (Klik Disini).
  11. Surat Pernyataan Kesanggupan Pembiayaan Program Outbound International Student Mobility (Klik Disini).

Jadwal Pelaksanaan

NOKEGIATANTANGGAL*
1.Pendaftaran dan unggah data/dokumen11 – 18 Juli 2023
2.Pengumuman hasil seleksi21 Juli 2023
3.Pembayaran UKT, SPSA, dan Pembiayaan Program21 – 24 Juli 2023
4.Registrasi Administrasi secara online21 – 24 Juli 2023
5.Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB)16-22 Agustus 2023
6.Perkuliahan28 Agustus 2023