SM Magister dan Doktor

Semester Gasal 2024/2025

Universitas Negeri Malang akan menyelenggarakan Seleksi Mandiri untuk menerima mahasiswa baru program Magister dan Doktor pada semester Gasal tahun akademik 2024/2025. Seleksi ini dilaksanakan untuk melakukan penjaringan calon mahasiswa Program Magister dan Doktor Jalur Perkuliahan (Reguler) atau Penelitian (by Reasearch).

Persyaratan

1. Program Magister (S2)

a. Memiliki Ijazah program Sarjana/Diploma 4 jurusan dari PTN atau PTS dalam dan luar negeri yang ijazahnya diakui oleh Kemdikbudristek atau Surat Keterangan Lulus dengan status lulus pada laman pddikti (jika ijazah belum terbit).

2. Program Doktor (S3)

a. Memiliki ijazah program Sarjana/Diploma 4 & Magister dari PTN atau PTS dalam dan luar negeri yang ijazahnya yang diakui oleh Kemdikbudristek atau Surat Keterangan Lulus dengan status lulus pada laman pddikti (jika ijazah belum terbit).

3. Sehat jasmani dan rohani, tidak memiliki ketunaan/cacat yang dapat mengganggu kelancaran dalam melaksanakan tugas yang sesuai dengan program studi pilihan.

Jadwal Seleksi

 (Jika data terpotong, silahkan Geser Kekanan)

Wordpress Table Plugin
Pilihan Program Studi

(Jika data terpotong, silahkan Geser Kekanan)

A. Program Magister (S2)

Wordpress Table Plugin

B. Program Doktor (S3)

No. Nama Program Studi Pembukaan Pilihan Lokasi
  Perkuliahan
1 S3 Bimbingan dan Konseling Buka Malang
2 S3 Teknologi Pembelajaran Buka Malang
3 S3 Manajemen Pendidikan *) Buka Malang
4 S3 Pendidikan Luar Sekolah Buka Malang
  atau Blitar
5 S3 Pendidikan Bahasa Indonesia Buka Malang
6 S3 Pendidikan Bahasa Inggris *) Buka Malang
7 S3 Pendidikan Matematika *) Buka Malang
8 S3 Pendidikan Fisika *) Buka Malang
9 S3 Pendidikan Kimia *) Buka Malang
10 S3 Pendidikan Biologi *) Buka Malang
11 S3 Ilmu Manajemen Buka Malang
12 S3 Pendidikan Ekonomi Buka Malang
13 S3 Teknik Elektro dan Informatika *) Buka Malang
14 S3 Pendidikan Geografi *) Buka Malang
  atau Blitar
15 S3 Psikologi Pendidikan Buka Malang
16 S3 Pendidikan Dasar Buka Malang
  atau Blitar
17 S3 Pendidikan Kejuruan Buka Malang
  atau Blitar

*) Program studi membuka jalur perkuliahan dan penelitian (Syarat dan Ketentuan Jalur Penelitian Klik Disini (unduh).

 

Biaya Pendidikan

 Informasi mengenai besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) untuk calon mahasiswa baru Program Magister (S2) dan Doktor (S3) yang diterima pada Tahun Akademik 2024/2025 diharapkan dapat memberikan informasi bagi calon mahasiswa, orang tua/wali, dan pemangku kepentingan terkait.

Biaya Pendidikan Program Magister (S2) dan Program. Doktor diberlakukan selama masa studi dan dibayarkan setiap semester sesuai dengan Kalender Akademik UM.

Biaya Matrikulasi diberlakukan bagi mahasiswa baru Program Studi S2 Psikologi yang memiliki latar belakang pendidikan bukan dari Program Studi S1 Psikologi ataupun Program Studi S2 Psikologi, dan bagi mahasiswa baru Program Studi S3 Psikologi Pendidikan yang memiliki latar belakang pendidikan baik S1 maupun S2 bukan dari Program Studi S1 dan S2 Psikologi, biaya matrikulasi dibayarkan 1 (satu) kali selama masa studi.

Besaran UKT untuk setiap program studi bisa dilihat sebagai berikut. 

(Jika data terpotong, silahkan Geser Kekanan)

A. Program Magister (S2)

Wordpress Table Plugin

B. Program Doktor (S3)

Wordpress Table Plugin

C. Biaya Matrikulasi

Wordpress Table Plugin 

Kelengkapan Berkas Bagi Pelamar Magister (S2)

 A. Program Magister (S2) Jalur Perkuliahan

  1. Scan ijazah dan Transkrip D4/S1
  2. Scan akreditasi institusi dan program studi
  3. File proposal penelitian untuk rencana awal tesis (format terlampir) dan artikel penelitian yang pernah dipublikasikan dalam jurnal ilmiah (bagi yang memiliki)
  4. File curriculum vitae
  5. Scan dokumen skor proficiency bahasa Inggris/ asing lainnya (misalnya: TOEFL/IELTS/TOAFL (Bukan Test of English Proficiency (TEP) atau TOEFL Prediction

B. Program Magister (S2) Jalur Penelitian

  1. Scan ijazah dan Transkrip D4/S1 (Pendaftar Program Magister)
  2. Scan akreditasi institusi dan program studi
  3. File/scan 2 (dua) karya ilmiah berupa artikel hasil penelitian yang dipublikasikan pada jurnal internasional bereputasi, keduanya dalam kurun waktu 5(lima) tahun terakhir sebagai penulis utama (penulis pertama atau correspoding author)
  4. Curriculum Vitae
  5. IPK S1 ≥ 3.25 (pendaftar Program Magister)
  6. Scan dokumen skor proficiency bahasa Inggris/asing lainnya (misalnya: TOEFL/IELTS/TOAFL) dari lembaga yang kredibel dengan skor kemampuan Bahasa Inggris setara TOEFL ≥ 500 atau setara IELTS ≥5.0
  7. Surat Rekomendasi Calon Promotor
  8. Surat Ijin/Tugas Belajar (Bagi yang Sudah Bekerja, Opsional)
Kelengkapan Berkas Bagi Pelamar Doktor (S3)

A. Program Doktor (S3) Jalur Perkuliahan

  1. Scan ijazah dan Transkrip D4/S1
  2. Scan ijazah dan Transkrip S2
  3. Scan akreditasi institusi dan program studi
  4. File proposal penelitian untuk rencana awal disertasi (format terlampir) dan artikel penelitian yang pernah dipublikasikan dalam jurnal ilmiah nasional/internasional (bagi yang memiliki)
  5. File curriculum vitae
  6. Scan dokumen skor proficiency bahasa Inggris/ asing lainnya (misalnya: TOEFL/IELTS/TOAFL)
  7. Bukan Test of English Proficiency (TEP) atau TOEFL Prediction
  8. Surat Rekomendasi dari orang yang mengetahui benar tentang kemampuan akademik saudara. Misalnya: mantan dosen, pembimbing, atau atasan.

 B. Program Doktor (S3) Jalur Penelitian (By Research)

  1. Scan ijazah dan Transkrip D4/S1
  2. Scan ijazah dan Transkrip S2
  3. Scan akreditasi institusi dan program studi
  4. File/scan 2 (dua) karya ilmiah berupa artikel hasil penelitian yang dipublikasikan pada jurnal internasional bereputasi, keduanya dalam kurun waktu 5 (lima) tahun terakhir sebagai penulis utama (penulis pertama atau correspoding author)
  5. Curriculum Vitae
  6. IPK S2 ≥ 3.50
  7. Scan dokumen skor proficiency bahasa Inggris/asing lainnya (misalnya: TOEFL/IELTS/TOAFL) dari lembaga yang kredibel dengan skor kemampuan
  8. Bahasa Inggris setara TOEFL ≥ 500 atau setara IELTS ≥5.0
  9. Surat Rekomendasi Calon Promotor
  10. Surat Ijin/Tugas Belajar (Bagi yang Sudah Bekerja, Opsional)
Tata Cara Pendaftaran

Pendaftaran mahasiswa baru Program Magister dan Doktor UM dilakukan secara online dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Peserta melakukan pendaftaran sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.
  2. Pembayaran diakhiri pukul 15.00 WIB dan pengunggahan dokumen diakhiri pukul 23.59 WIB pada hari terakhir pendaftaran.
  3. Peserta disarankan untuk dapat menyelesaikan pendaftaran H-1 sebelum jadwal penutupan.
  4. Peserta membuat akun pada laman https://seleksi.um.ac.id/app/.
  5. Biodata tidak dapat dirubah, pastikan data sudah benar sebelum melakukna permanen data. Jika pernah membuat akun/pernah mengikuti seleksi sebelumnya, lanjut ke point 6.
  6. Peserta memilih jalur seleksi masuk.
  7. Peserta mendapatkan kode bayar dan membayar biaya pendaftaran Program Magister dan Doktor UM melalui Bank BRI, Bank BNI, Bank BTN, Bank Mandiri, Bank CIMB Niaga, Bank Jatim, BSI secara online di seluruh Indonesia menggunakan kode pembayaran.
    Tata cara pembayaran : https://support.um.ac.id/topic/epayment/
    Biaya pendaftaran:
    1. Program Magister (S2) sebesar Rp.750.000,00 (Tujuh Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah).
    2. Program Doktor (S3) sebesar Rp.850.000,00 (Delapan Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah).
  8. Pembayaran yang telah dilakukan akan langsung tervalidasi otomatis oleh sistem. Cek pada akun pendaftaran. Jika terdapat kendala terkait keuangan/ tidak tervalidasi secara otomatis, silahkan mengirimkan bukti bayar ke Helpdesk Keuangan.
  9. Biaya pendaftaran hanya berlaku untuk 1 (satu) kali pendaftaran.
  10. Peserta menyelesaikan pendaftaran melalui laman https://seleksi.um.ac.id/app/ dengan mengunggah dan melengkapi semua persyaratan.
    1. Format Proposal dan Ketentuan Artikel Penelitian
    2. Format Curiculum Vitae
    3. Format Rekomendasi-Akademik
  11. Peserta yang tidak dapat menyelesaikan pendaftaran hingga jadwal pendaftaran berakhir, dinyatakan tidak terdaftar sebagai peserta periode tesebut, dan biaya pendaftaran yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali atau dialihkan untuk periode selanjutnya.
  12. Perubahan pilihan program studi / jalur setelah simpan permanen tidak diperkenankan, peserta wajib untuk melakukan pendaftaran baru (membayar biaya pendaftaran lagi). Data yang digunakan adalah data terakhir pendaftaran (pilihan program studi).
  13. Peserta wajib mencetak kartu peserta dan/atau menyimpan softfilenya.
Proses Seleksi dan Kelulusan
  1. Seleksi dilakukan melalui dua tahap, yakni tahap seleksi administrasi dan akademik.
  2. Seleksi administratif didasarkan pada kelengkapan dokumen persyaratan administratif (status kelulusan di PDDIKTI, dan skor kemampuan bahasa Inggris/asing lainnya).
  3. Seleksi akademik didasarkan pada nilai kualitas karya akademiknya (proposal penelitian dan/atau karya ilmiah yang telah dipublikasikan).
  4. Wawancara pada Program Doktor, wawancara secara daring dapat dilakukan untuk mendalami kualitas karya ilmiah dan komitmen calon dalam penyelesaian studinya.
  5. Keputusan penerimaan mahasiswa baru ditentukan berdasarkan hasil akhir seleksi administrasi, akademik, dan daya tampung program studi.
  6. Surat Penerimaan atau Letter of Acceptance (LoA) akan diterbitkan 1 hari setelah pengumuman Hasil Seleksi yang dikirim melalui email.
  7. Dalam rangka proses pengajuan beasiswa, LoA dapat digunakan untuk registrasi maksimal 2 semeter (waktu spesifik tercantum pada LoA)
  8. Surat Penundaan Kuliah dapat diberikan kepada calon mahasiswa yang mendaftar program beasiswa yang sudah mendapat persetujuan dari Koordinator Program Studi. Pengajuan tunda kuliah dapat diakses melalui laman: https://bit.um.ac.id/penundaankuliahum.
Kontak
  1. Sub Direktorat Seleksi, Direktorat Pendidikan, Gedung Graha Rektorat Lantai 2, Jl. Semarang No. 5 Malang
  2. Telepon 0341-551312 pesawat 1410, 1418
  3. HP 0851 7116 7273 (WA) pada hari dan jam kerja.
  4. Laman di https://seleksi.um.ac.id;
  5. Email : seleksi@um.ac.id
Unduhan

Pertor Doktor Jalur Penelitian (Unduh)

SM Magister dan Doktor

Semester Gasal 2024/2025