Universitas Negeri Malang (UM) membuka pendaftaran mahasiswa baru Program Magister (S2) dan Program Doktor (S3) jalur perkuliahan dan jalur penelitian melalui seleksi portofolio. Pendaftaram dibuka mulai tanggal 15 Maret – 3 April 2023 (pukul 15.00 WIB).
Kegiatan perkuliahan dilaksanakan di Kampus 1 (Jl. Semarang No. 5 Malang) dan Kampus 3 (Jl. Ir. Soekarno No.1, Kepanjen Lor, Kec. Kepanjenkidul, Kota Blitar).
Pilihan Program Studi Magister dan Doktor di Universitas Negeri Malang
Pendaftaran
Pendaftaran mahasiswa baru Program Magister dan Doktor UM dilakukan secara online dengan ketentuan sebagai berikut:
- Pendaftaran mulai tanggal 15 Maret – 3 April 2023 (pukul 15.00 WIB).
- Peserta membuat akun untuk memperoleh kode pembayaran pada laman https://seleksi.um.ac.id/app/.
- Peserta membayar biaya pendaftaran Program Magister dan Doktor UM melalui Bank BRI, Bank BNI, Bank BTN, Bank Mandiri, Bank CIMB Niaga, dan Bank Jatim secara online di seluruh Indonesia menggunakan kode pembayaran.
Tata cara pembayaran :
a. Bank BRI – klik disini
b. Bank BNI – klik disini
c. Bank BTN – klik disini
d. Bank Mandiri – klik disini
e. Bank CIMB Niaga – klik disini - Biaya pendaftaran (Periode 2):
a. Program Magister (S2) sebesar Rp.600.000,00 (Enam Ratus Ribu Rupiah).
b. Program Doktor (S3) sebesar Rp.650.000,00 (Enam Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah). - Biaya pendaftaran hanya berlaku untuk 1 (satu) kali pendaftaran.
- Peserta menyelesaikan pendaftaran melalui laman https://seleksi.um.ac.id/app/ dengan mengunggah dan melengkapi semua persyaratan.
- Peserta yang tidak dapat menyelesaikan pendaftaran hingga jadwal pendaftaran berakhir, dinyatakan tidak terdaftar sebagai peserta periode tesebut, dan biaya pendaftaran yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali atau dialihkan untuk periode selanjutnya.
- Perubahan pilihan program studi / jalur setelah simpan permanen tidak diperkenankan, peserta wajib untuk melakukan pendaftaran baru (membayar biaya pendaftaran lagi). Data yang digunakan adalah data terakhir pendaftaran (pilihan program studi).
- Peserta wajib mencetak kartu peserta dan/atau menyimpan softfilenya.
Persyaratan
No. | Jalur Perkuliahan | Jalur Penelitian | |
Program Magister (S2) | Program Doktor (S3) | ||
1 | Scan ijazah dan Transkrip D4/S1 | Scan ijazah dan Transkrip D4/S1 Scan ijazah dan Transkrip S2 | -Scan ijazah dan Transkrip D4/S1 (Pendaftar Program Magister) -Scan ijazah dan Transkrip S1 dan S2 (Pendaftar Program Doktor) |
2 | Scan akreditasi institusi dan program studi | Scan akreditasi institusi dan program studi | Scan akreditasi institusi dan program studi |
3 | File proposal penelitian untuk rencana awal tesis (format terlampir) dan artikel penelitian yang pernah dipublikasikan dalam jurnal ilmiah (bagi yang memiliki) | File proposal penelitian untuk rencana awal disertasi (format terlampir) dan artikel penelitian yang pernah dipublikasikan dalam jurnal ilmiah nasional/internasional (bagi yang memiliki) | File/scan 2 (dua) karya ilmiah berupa artikel hasil penelitian yang dipublikasikan pada jurnal internasional bereputasi, keduanya dalam kurun waktu 5(lima) tahun terakhir sebagai penulis utama (penulis pertama atau correspoding author) |
4 | File curriculum vitae | File curriculum vitae | -Curriculum Vitae -IPK S1 ≥ 3.25 (pendaftar Program Magister) -IPK S2 ≥ 3.50 (pendaftar program Doktor) |
5 | Scan dokumen skor proficiency bahasa Inggris/ asing lainnya (misalnya: TOEFL/IELTS/TOAFL) Bukan Test of English Proficiency (TEP) atau TOEFL Prediction | Scan dokumen skor proficiency bahasa Inggris/ asing lainnya (misalnya: TOEFL/IELTS/TOAFL) Bukan Test of English Proficiency (TEP) atau TOEFL Prediction | Scan dokumen skor proficiency bahasa Inggris/asing lainnya (misalnya: TOEFL/IELTS/TOAFL) dari lembaga yang kredibel dengan skor kemampuan Bahasa Inggris setara TOEFL ≥ 500 atau setara IELTS ≥5.0 |
6 | - | Surat Rekomendasi dari orang yang mengetahui benar tentang kemampuan akademik saudara. Misalnya: mantan dosen, pembimbing, atau atasan. | Surat Rekomendasi Calon Promotor |
7 | Surat Ijin/Tugas Belajar (Bagi yang Sudah Bekerja) |
Jadwal dan Tanggal Penting
Kegiatan | Jadwal Pelaksanaan | Tempat |
---|---|---|
Pendaftaran dan unggah berkas/dokumen | 10 Mei - 11 Juni 2023 (pukul 15.00 WIB) | https://seleksi.um.ac.id/app/login |
Penilaian kualitas karya dan proposal | 14-16 Juni 2023 | - |
Wawancara (untuk Program Doktor) | 14-16 Juni 2023 | Media online (ZOOM/video call) (mahasiswa akan dihubungi panitia sesuai nomor HP yang diisikan pada biodata) |
Pengumuman Hasil Seleksi | 20 Juni 2023 | https://seleksi.um.ac.id/app/login |
Pembayaran Biaya Pendidikan | 21 Juni- 5 Juli 2023 | Bank BRI, Bank BNI, Bank BTN, Bank Mandiri, Bank CIMB Niaga, dan Bank Jatim. |
Registrasi online | 21 Juni-5 Juli 2023 | http://registrasi.um.ac.id/ |
Penerimaan, Orientasi Program Studi (OPS) Mahasiswa Baru, dan KRS | 16 – 22 Agustus 2023 | Fakultas/program studi masing - masing |
Awal Perkuliahan | 28 Agustus 2023 | Kampus 1 (Malang) dan Kampus 3 (Blitar) UM |
Jadwal lengkap Seleksi Program Magister dan Doktor Universitas Negeri Malang dapat dilihat [disini].
Seleksi
- Seleksi dilakukan melalui dua tahap, yakni tahap seleksi administrasi dan akademik.
- Seleksi administratif didasarkan pada kelengkapan dokumen persyaratan administratif (status kelulusan di PDDIKTI, dan skor proficiency bahasa Inggris/asing lainnya).
- Seleksi akademik didasarkan pada nilai kualitas karya akademiknya (proposal penelitian dan karya ilmiah yang telah dipublikasikan). Selanjutnya, wawancara secara daring dilakukan untuk mendalami kualitas karya ilmiah dan komitmen calon dalam penyelesaian studinya.
- Keputusan penerimaan mahasiswa baru ditentukan berdasarkan hasil akhir seleksi administrasi, akademik, dan daya tampung program studi.
- Surat Keterangan Diterima atau Letter of Acceptance (LoA) akan diterbitkan 1 hari setelah pengumuman Hasil Seleksi pada email yang digunakan saat melakukan pendaftaran.
- Surat Keterangan Tunda Kuliah diberikan apabila calon mahasiswa sudah melakukan Registrasi sebagai mahasiswa baru dan sudah mendapat persetujuan dari Koordinator Program Studi. Pengajuan tunda kuliah dapat diakses melalui laman: https://bit.um.ac.id/penundaankuliahum.
Biaya Pendidikan
1 | Biaya pendaftaran dan biaya pendidikan yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun. |
Informasi Pendaftaran
Sekretariat Pendaftaran Mahasiswa Baru Program Magister dan Doktor UM,
Sub Direktorat Seleksi, Direktorat Akademik, Gedung Graha Rektorat Lantai 2, Jl. Semarang No. 5 Malang
1 | HP : 0851 7116 7273 (hanya Whatsapp, tidak melayani telepon/videocall) pada hari dan jam kerja. |
2 | Laman : https://seleksi.um.ac.id |
3 | Email : seleksi@um.ac.id |
Lain-lain:
- Format Proposal, Ketentuan Artikel, dan Curiculum Vitae Template Lampiran Dokumen
- Download Contoh Surat Rekomendasi Akademik
- Download Peraturan Rektor (Syarat dan Ketentuan) ttg Doktor Jalur Penelitian
Latest Post
- Pengumuman Registrasi Administrasi Calon Mahasiswa Baru Program Profesi Insinyur Semester Gasal Tahun Akademik 2024/2025
- Pengumuman Hasil Seleksi dan Registrasi Administrasi Calon Mahasiswa Baru Jalur Recognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Semester Gasal Tahun Akademik 2024/2025
- Pengumuman Registrasi Administrasi / Lapor Diri Calon Mahasiswa Baru PPG Prajabatan Gelombang II Kerjasama dengan Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan Tahun 2024